Senin, 20 Februari 2017

Transformasi Koordinat dan Proyeksi dengan ArcGIS

Transformasi Koordinat dalam ilmu geodesi adalah memindahkan sistem koordinat tertentu ke sistem koordinat lainnya. Proyeksi koordinat adalah memindahkan sistem koordinat bumi (L,B / data pengukuran) ke sistem koordinat bidang datar (X,Y).
Kini untuk melakukan transformasi koordinat atau proyeksi peta sangat mudah dengan Software GIS yang tersedia, misalnya ArcGIS. Padahal di bahan kuliah Geodesi keduanya sampai dipelajari memakan beban 16 SKS.
Dalam ArcGIS cara untuk melakukan pemindahkan sistem koordinat misalnya suatu peta dengan sistem koordinat geografis (L,B) ke peta sistem koordinat proyeksi UTM 6° (X-UTM,Y-UTM), adalah sebagai berikut :
Gunakan ArcCatalog untuk memastikan data awal mempunyai sistem koordinat geografis.
Drag data ke ArcMap atau buka dengan Add Layer.
Buka ArcToolBox, pilih Data Management Tools dan sub menu Projections and Transformations, sehingga akan muncul window seperti gambar berikut :
Tentukan data awal yang sudah tereferensi, tentukan juga data dalam sistem koordinat baru dan lokasi media penyimpanannya. Untuk isian Output Coodinate System setelah dipilih akan muncul dialog sebagai berikut :
Pilih Projected Coordinate System, pilih UTM.
Dari pilihan UTM selanjutnya pilih WGS 1984, Southern Hemisphere (untuk Bali), dari gambar peta pembagian Zone 6° diketahui untuk Bali masuk ke 50 lintang selatan. Maka pada dialog box dibawah pilih WGS 1984 UTM Zone 50S.
Setelah memilih sistem koordinat yang akan dihasilkan, kembali ke dialog seperti dibawah ini.
Jika sudah siap selanjutnya jalankan proses transformasi dengan menekan tombol OK.
Jika proses berhasil akan seperti gambar di atas, ada report di pojok bawah bagian kanan.
Tutup dan kembali ArcGIS, buka data hasil transformasi. Pada pojok bawah kanan kini terlihat sistem koordinat peta dalam UTM 6° zone 50 S.
Data spasial tereferensi, walaupun berbeda misalnya yang satu dalam lintang bujur (geografis) yang lain dalam sistem UTM 6° dan yang lain lagi dalam sistem TM 3°, jika dibuka akan saling overlap. Ini artinya walau berbeda sistem koordinat tetapi dalam ArcGIS (atau software GIS lainnya) semua data tereferensi koordinat bumi (misal WGS 84) dapat ditampilkan bersama-sama.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar