Minggu, 19 Februari 2017

Rute dan Bayar Gojek

Gojek adalah angkutan transportasi online terpopular saat ini untuk di kota-kota besar terutama Jakarta, juga Grab-biker.  Jika kita memesan Gojek dari tempat / lokasi kita berangkat ke tujuan ilustrasi rute nya seperti gambar dibawah ini. Simbol dengan warna biru adalah titik lokasi berangkat dan simbol warna oranye adalah lokasi tujuan.  Dan garis biru adalah rute yang akan ditempuh, dan panjang garis adalah biaya yang harus dibayar dan bila dikonversi berapa KM yang akan dirupiahkan.
Pada gambar di atas rutenya relatif bagus dan ideal, mungkin karena jaraknya pendek.
Beberapa kali memesan angkutan transportasi online ini, sedikit dikecewakan karena sistem Gojek salah menentukan rute sehingga harga bayar menjadi lebih mahal.  Ada beberapa kasus yang masih teringat yaitu :
  1. dari kalibata mall ke kebon nanas, rute nya harus melewati PGC
  2. dari Plaza cibubur ke kebon nanas, rute nya melalui PGC juga padahal kalau lurus melalui Pondokgede selisihnya bisa Rp. 10.000an.
  3. di daerah yang banyak puteran balik, rute gojek muter balik dulu ke belakang padahal tidak perlu sehingga harganya membengkak juga.
Itu baru satu orang, gimana kalau ribuan orang. Hal ini dapat dikatakan ada sedikit kecurangan dalam bisnis Gojek yang harus diperbaiki secara bijak.
Sebagai ilustrasi dapat dilihat beberapa gambar rute di bawah ini :
gocar-gojek-taksi-gojek  go-car-gojek
Pada gambar terlihat rute memutar sehingga lebih jauh, juga gambar di bawah ini yang seharusnya menggunakan jalan yang lebih lurus dan dekat.
099395500_1461146515-gocar.jpg
Kelemahan sistem ini karena sistem Gojek hanya menggunakan titik awal dan titik tujuan saja, tanpa ada titik antara yang sangat perlu untuk menentukan rute yang ditempuh yang menurut pemesan lebih cepat.
Solusinya hanya dua saja :
  1. tambahkan pada sistem titik lewat mana
  2. jangan mengandalkan peta google saja yang gratisan, Gojek harus mempunyai peta jalan sendiri seperti taxi BlueBird.
  3. kalau mau lebih interaktif Gojek mesti memetakan titik tempat tinggal pengemudi yang dapat diakses penumpang buat kebutuhan sekuriti.
Itulah baiknya rute dan peta Gojek yang ada sekarang jika dilihat dari sisi Geospasial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar