Selasa, 23 Februari 2016

Perjalanan Ke Selayar

Selayar atau lengkapnya Kabupaten Kepulauan Selayar adalah salah satu kabupaten yang ada di Sulawesi Selatan, tepatnya di bawah kaki pulau besar Sulawesi.

Untuk menuju ke Kepulauan Selayar transportasi yang dapat digunakan adalah Travel dari Bandara Kota Makasar dan ada bis.  Untuk travel yang pada tahun 2013 berkisar Rp. 700.000 sekali perjalanan sampai yang namanya pantai Bira.  Lama perjalanan tergantung kecepatan si Supir, biasanya jika dari Makassar pas subuh maka akan nyampe ke pantai bira sekitar jam 8 kurang lebih.

Selanjutnya jika menggunakan travel jenis bandara ini, kita menyambung dengan kapal Feri yang harga cuman Rp. 25.000.  Perjalanan kapal Ferri untuk sampai di sebrang sekitar 2 jam.


Alternatif lain dapat menggunakan Bis ke pulau Selayar,  keuntungan menggunakan bis harganya lebih murah dan sampai terminal di pulau Selayar.  Ongkosnya sekitar Rp. 150.000,-

  

Ke Selayar juga ada pesawat kecil yang isinya sekitar 8 penumpang.  Pesawat ini ongkosnya Rp. 300.000, perjalanan ke selayar sekitar 30 menitan.


Di selayar keadaan kotanya masih sepi, dan hotel yang ada pun masih terbatas.  Untuk makanan yang paling banyak adalah menu ikan.  Untuk makanan ayam goreng atau nasi padang masing bisa dibilang dengan jari dan itu pun buka pada malam hari.

Di sana banyak kedai kopi tempat berkumpul warga setempat, biasanya akan rame pada pagi dan sore hari.  Transportasi warga kotanya adalah becak,

Harga ikan di sini murah sekali, yang mahal di kota ini adalah bensin karena belum ada satu pun pom bensin di kota ini.

Jumlah penduduk kota selayar masih sedikit, berdasarkana data BPS belum mencapai angka 500.000 jiwa.

(Perjalanan ke Selayar tahun 2013)

Flag Counter

Tidak ada komentar:

Posting Komentar