Senin, 20 Februari 2017

Mengenal Peta ZNT

Peta ZNT adalah peta tematik harga tanah yang datanya diambil dari survey lapangan. Data yang diperoleh bisa dari penawaran dari tanah yang dijual pemilik dan atau hasil penilaian tanah.
Sebagai berikut contoh gambaran peta ZNT :
Pada peta ZNT (Zona Nilai Tanah) terdiri dari dua layer informasi yaitu berupa point dan area. Layer point adalah data ZNT hasil survey dan area adalah hasil perhitungan dengan mempertimbangkan data hasil survey dan data lainnya. Pada peta di atas, gradiasi warna adalah kelompok harga tanah dalam zona tertentu. Arti sebuah warna dalam peta dapat diketahui dari legenda petanya.
Jika kita lihat data atributnya, akan mengandung field seperti gambar atas (dari feature point) dan gambar bawah (layer ZNT feature poligon).
Dengan peta ZNT kita bisa tahu kisaran harga tanah dan bangunan seperti tampilan peta di atas.
Gambar di atas contoh tampilan peta ZNT dengan lebih detail, dengan background peta online. Terus apa manfaat peta ZNT? peta ZNT biasanya ada atau digunakan untuk :
  • digunakan BPN
  • digunakan DPPKAD (dulu dispenda)
  • pemain properti
  • dan lain-lain yang membutuhkan data harga tanah untuk analisis.
Peta ZNT di atas adalah contoh peta yang surveynya kebanyakan di tahun 2013, untuk mengkondisikan dengan tahun sekarang tentu perlu tambahan survey lokasi sehingga data menjadi update. Sebenarnya dengan banyaknya orang yang menjual rumah atau tanah di media seperti OLX jika diintegrasikan dengan peta yang ada akan menjadi sebuah sistem informasi ZNT yang selalu uptodate.

Contoh data ZNT  zntsample

Tidak ada komentar:

Posting Komentar