Senin, 20 Februari 2017

Peta Format e-Smartcity

GIS yang stabil disupport oleh data yang stabil.  Sekarang data GIS sudah sedemikian maju sejak dari awal ada yang namanya data GIS format base file, format database dengan sde seperti ESRI ArcSDE, ada postGIS dari PostGre, Mysql dan terakhir ada yang namanya GIS Service seperti GeoJson.
Namun kelemahan GIS Service GeoJson adalah berbasis tekstual sehingga sangat susah untuk analalisa atau query tingkat tinggi.  Adapun format data GIS seperti keluaran ArcGIS server yang memanfaatkan rdbms seperti Oracle dan yang lain-nya harga begitu mahal di atas kisaran Rp. 500.000.000,-
Jika menggunakan postgis begitu berat dan untuk publikasinya tidak bisa di hosting yang umum (standar). Minimal harus menggunakan paket VPS untuk dapat menginstal postgis yang harganya di kisaran Rp. 400.000,- per bulan.
Pada pembangunan GIS untuk kota sehat digunakan data format GIS hasil try dari semua format yang ada, akhirnya terbentuk semi format GIS dengan mengadopsi aturan dalam GeoJson dan fungsionalitas database mysql yang biasanya default pada hosting di pasaran.  Data semi Geojson tersimpan dalam mysql, sehingga data GIS yang spasial terkecilnya untuk saat ini poligon desa dapat divisualisasikan dengan query yang diminta dari tabel terkoneksi yang ada dalam database.
Dalam dunia pembuatan aplikasi, semakin mudah permintaan user semakin susah pemogramannya, artinya user berkeinginan mudah menggunakannya.  Format data ini tercipta karena permintaan user yang ingin kemudahan.
Untuk kedepan format data ini bisa dikembangkan (dalam hal format informatika untuk saat ini dirasa masih sembrawut tapi masih bagus hasilnya) karena sangat cocok untuk pengguna informasi yang kebanyakan buta geospasial (seperti kaidah : format data, satu data, sistem koordinat, citra, dll), tapi kaya permintaan. Kenapa penting, karena dengan format data ini setiap orang bisa membuat aplikasi webgis tematik murah yang hanya membayar hosting Rp. 1 juta per tahun atau bahkan kurang dengan syarat terinstal mysql di hostingnya.
contoh tampilan :
Tampilan peta tematik di atas akan otomatis berubah dari perubahan data yang terjadi di database mysql dalam hosting.
thanks to google map yang sudah mempercantik background tampilan dengan peta google map nya.

Sumber :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar