Jumat, 26 Februari 2016

Mengenal Cibubur dan sekitarnya

Cibubur secara administratif tidak ada, yang ada Kelurahan Cibubur di daerah Jakarta Timur.


Cibubur yang sekarang terkenal atau dikenal namanya terbagi atas beberapa kota/kabupaten.
Cibubur identik dengan nama daerah yang dilalui jalan Transyogi dan sekitarnya.  Dari arah barat ada Cibubur Junction dan batas timur ada Kota Wisata.

Yang dilewati jalan Transyogi ini mulai dari mall Cibubur Junction masuk ke dalam Kota Jakarta Timur, melewati ke perumahan mewah Raffles Hills sudah masuk bagian wilayah Kota Depok.  Sampai di mall Plaza Cibubur sudah di wilayah Kota Bekasi dan Kota Wisata masuk ke dalam wilayah Kabupaten Bogor.

Di cibubur paling dominan dengan perumahan, mulai dari perumahan level menengah sampai level mewah ada.  Transportasi keluar masuk Cibubur termasuk lengkap, ada angkot 121 yang sampai Kampung Rambutan, angkot 44 yang arah rambutan juga, Taxi, APTB jurusan Blok M, Bis ke Bandara juga ada, Bis AC ke Jakarta segala jurusan, Bis Luar kota ke Bandung, ada beberapa travel ke Bandung seperti Baraya (pool Baraya dekat RS Meilia), ada Bis yang ke luar kota seperti ke jawa tengah.

Pusat keramaian Cibubur ada di sekitar mall Plaza Cibubur.  Karena di sekitarnya ada perumahan paling pertama di cibubur yaitu perumahan Kranggan Permai.  Di Kranggan permai ini ada terminal angkot yaitu Angkot KR yang rutenya memutar ke Pondok gede sampai terminal Kampung Rambutan.

Di sekitar plaza cibubur tersebar rumah sakit besar, mall besar, dan sekarang lagi dibangun apartemen.  Ada nilai plus dari Cibubur dan sekitarnya yaitu daerahnya bebas banjir, tetapi kemacetan lalu lintasnya termasuk tinggi.

Di sepanjang jalan alternatif Transyogi sangat rame dengan toko-toko makanan, mulai dari Roti Bakar Edi, Steak Abuba dan lain-lain ada semua.  Makanya di akhir pekan Cibubur cukup rame karena sebagian warga Cibubur kebanyakan menghabiskan aktifitas akhir pekan di area Cibubur.

Untuk Bank-bank pemerintah dan swasta banyak tersebar di daerah Cibubur, Pom bensin sepanjang jalan alternatif cukup banyak.  Angkutan taxi sangat banyak di Cibubur, didominan oleh taxi Blue Bird dan Express.

Komunikasi dan inforrmasi tentang cibubur dapat dilihat pada website www.cibubur.com, walaupun belum lengkap dapat diakses untuk menambah wawasan tentang cibubur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar