Rabu, 24 Februari 2016

Aplikasi Tracking

Untitled
Tracking (pelacakan) adalah contoh implementasi spasial yang menggunakan teknologi telekomunikasi.  Sudah banyak GPS Tracker dijual di pasaran dengan harga murah.
bukalapak

Dengan harga alat GPS Tracker Rp. 250.000 + kartu perdana GSM dengan koneksi internet (seperti kart tri/3) Rp. 15.000 sudah bisa simulasi pelacakan secara murah meriah.  Jangan berpikiran GPS tracker mesti menggunakan aplikasi yang mahal.  Sekarang ini banyak aplikasi web GPS tracker yang gratisan.
Kunci utama dalam aplikasi pelacakan ini mesti memperhatikan alat yang digunakan teregister di web atau GPS Server yang akan digunakan.  Salah satu aplikasi GPS Server yang gratis adalah GPS Orange.


Dari listbox tipe alat akan tahu alat GPS tracker yang dimiliki support di Web GPS server yang ada.  Disini lah kunci aplikasi GPS Tracking, harus mengenal alat pengirim data tracking selain tampilan webgisnya.  Ketika membangun aplikasi web GPS Server sendiri kesulitannya adalah dalam mengintegrasikan alat tracking ke database.  Oleh karena itu, suatu aplikasi tracking yang dibuat sendiri mempunyai kelemahan jika menggunakan alat berbeda merk atau model.
Contoh GPS tracker yang banyak digunakan di Indonesia adalah produk cina dengan merk Coban, Meitrack, Xexun dan Concox, semuanya termasuk bagus.  Pemain tracking di Indonesia banyak menggunakan merk ini, dengan menambahkan cat dan logo dan ada yang menempelkan merknya sendiri.  Emang hampir semua GPS tracker yang beredar dari Cina yang merupakan varian merk di atas.
concoc  xexun
coban mei
Jenis GPS yang ada ada jenis personal, kendaraan dan untuk binatang.

Untuk GPS Server yang berbayar dapat digunakan GPS-server.net, walaupun berbayar termasuk murah.  Dan fitur aplikasi ramah untuk digunakan serta support untuk banyak jenis GPS Tracker.  Untuk mencoba GPS-server.net ini menyediakan versi trial selama seminggu, mereka menggunakan imei alat sebagai ID.  GPS-server.net menyediakan versi personal, software hosting dan software server.  Versi personal yaitu kita hanya menyimpan data imei pada server mereka, software hosting adalah paket menyewa server sehingga agak bebas mengontrol GPS tracker kita, dan paket software server kita membeli lisensi untuk diinstal di server sendiri.  Kelebihan versi software server kita dapat mengintegrasikan database tracking dengan aplikasi lain.  Kisaran harga versi server Rp. 60 Juta untuk satu lisensi server.

Flag Counter
@proyek2.com

Tidak ada komentar:

Posting Komentar